Jelang Puasa Harga Sembako di Puding Besar dan Bakam Stabil

Lokal Seremonial
Foto:
Foto: Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kab. Bangka lakukan pemantauan.

Forumkeadilanbabel.com, Bangka — Harga barang kebutuhan pokok  sepekan lebih menjelang puasa masih stabil di 2 kecamatan yakni Bakam dan Puding Besar.

Hasil pemantauan Tim Pengendalian Inflasi Daerah ( TPID )  Kabupaten Bangka yang dilakukan, Senin (7/5) di Puding Bear dan Bakam. Pemantauan yang dilakukan terhadap harga bahan kebutuhan pokok dan startegis lainnya menjelang bulan suci Ramadhan di Puding untuk beras ukuran karung 5 kg Rp 64 ribu, ukuran karung 10 kg Rp 127.000 dan karung 40 kg Rp 480 ribu.

Sedangkan untuk gula pasir Rp 12.000,-/kg, terigu Rp 10 ribu/kg , kacang kedelai Rp 9.000/kg, Kacang Tanah p 22.000/kg. kacang hijau Rp 21.000/kg dan telur ayam Rp 1500/butir.

BACA JUGA :  Peringati Hari Mencuci Tangan Se-dunia, Boy Yandra : Terlebih di Tengah Pandemi Covid-19

Kasubag Perekonomian Setda Bangka Nurleli menjalaskan, memasuki bulan puasa nanti kabutuhan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok meningkat diantaranya komoditi beras, terigu, telur ayam dan daging ayam.

Untuk daging ayam harga berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 32 ribu/kg, Menurut Nurleli di Puding Besar dan Bakam harga daging ayam tidak mengalami perbedaan.

Sedangkan untuk bawang putih Rp 21 kg dan bawang merah Rp 24 ribu rupiah, dinilainya harga masih cukup stabil dan komuditi sayur – sayuran masih cukup tersedia dan tidak terjadi kenaikan.

Pemantauan TPID Kabupaten Bangka merupakan gabungan dari dinas teknis terkait bertugas melakukan pemantauan harga barang kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan juga Idul Fitri, juga melakukan pemantauan ketersedian Gas LPG.

BACA JUGA :  Majelis Hakim Tunda Sidang Putusan Terdakwa Akun Ayak Bedincak dalam Kasus ITE

Di Puding Besar menurut pedagang H. Mat Nur, distribus gas LPG 3 kg maupun 12 kg masih lancar sebanyak 3 kali seminggu. Untuk gas LPG 3 kg dijual dengan harga Rp 16 ribu dan gas LPG 12 kg dengan harga 160.000.

TPID Kabupaten Bangka mengharapkan kondisi harga barang kebutuhan pokok tetap stabil menjelang puasa dan para pedagang tidak menaikkan harga berlebihan. Disamping itu ketersediaan barang kebutuhan pokoh di pasaran tetap tersedia, sebagai upaya menekan terjadinya gejolak harga.

Pemantauan harga barang kebutuhan pokok yang dilakukan TPID kabuaten Bangka  akan dilanjutkan di Kecamatan Merawang dan Mendo Barat, serta kecamatan Riau Silip dan Belinyu. (Red/ Rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.