Muntok Kota Pelabuhan Itu Dulu…..Ini Faktanya!

Lokal

FORUMKEADILANBABEL.COM, BANGKA BARAT – Predikat Kota Pelabuhan yang disandang Kota Muntok Kabupaten Bangka Barat, nampaknya tak sepenuhnya utuh. Hal ini terbukti dari kondisi sarana dan prasarana pelabuhan termasuk jasa pengguna yang sangat minim.
Penanggung Jawab Kawasan Pelabuhan Muntok di bawah PT Pelindo (Persero) Pangkalbalam, Herman, kepada FORUMKEADILANBABEL.COM, di sela-sela monitoringnya, Rabu, (25/4), mengatakan, banyak terjadi penurunan terhadap kondisi pelabuhan Muntok apalagi semenjak kapal-kapal cepat di pindahkan ke pelabuhan Ferry di bawah pengelolaan PT ASDP (Persero).

Herman memaparkan, beberapa contoh kendala sarana prasarana misalnya, terjadi pendangkalan kolam pelabuhan Muntok sehingga menyulitkan kapal-kapal yang masuk. Padahal proyek pengerukan alur pernah dilakukan senilai Rp.6,7 Milyar dari dana APBN pada tahun 2009. “ Kondisinya sekarang kembali seperti semula, ini sangat mengganggu, “ ujar Herman.

Menurut Herman, dengan alur dan kolam pelabuhan yang mengalami pendangkalan, dipastikan banyak kapal-kapal yang enggan masuk sehingga mengurangi pendapatan.

“Termasuk kendaraan roda empat, truk dan sebangsanya, mereka ini sebenarnya sumber pendapatan pelabuhan selain sumber-sumber lain. Dikenakan pas masuk dengan tarif yang berbeda. Misalnya truk pas pelabuhannya Rp. 5.500, namun kenyataanya yang masuk bisa dihitung,” ujar Herman. (rudy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.