Jelang Puasa Persediaan Daging, Ayam, Telur Cukup

Lokal

Beras Masih Suplai Dari Luar

 

 

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat — Menyambut bulan suci ramadhan di Kabupaten Bangka, persediaan komodite daging, ayam dan telur tidak ada masalah. Yang jadi masalah itu persediaan beras masih suplai dari luar.  Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka, Kemas Arfani Rahman, Sabtu (21/04/2018) di ruang kerjanya.
Menurutnya, tidak hanya beras saja yang masih mendapat pasokan dari luar,  namun juga bawang serta cabe. Untuk mengatasi kekurangan beras ini, akan kita atasi dengan menggerakkan para petani agar memiliki semangat tinggi menanam padi. Sehingga kedepannya persediaan beras cukup dan tidak menunggu pasokan beras dari luar. Tentunya kita akan menggerakkan petani untuk gencar menanam padi dengan memanfaatkan lahan bekas tambang seperti di Kelurahan Sinar Jaya.
“Perlu diketahui kebutuhan pokok kita, yaitu beras pertahunnya 33.000 ton beras, sementara kita harus bisa menghasilkan separonya dan sekarang ini baru mendekati separonya. Untuk itu kita akan menggerakkan petani agar memiliki minat tinggi menanam padi,”jelas Kemas Arfani Rahman
Ditambahkannya untuk itu kita harus cetak sawah bekerja sama dengan INHUTANI, karena kita terkendala lahan. Yang kita temui dilapangan, ada lahan subur, namun minat para petani kurang. Sebaliknya para petani yang memiliki minat tinggi menanam, harus pinjam dengan lahan orang lain.
“Persoalan inilah yang membuat kita harus bisa merombak pola pikir petani yang memiliki lahan subur,”tuturnya.
Kemas Arfani juga mengatakan dengan kerja keras dibantu para petani, mudah-mudahan kedepannya persediaan beras kita dalam menghadapi puasa sampai Lebaran terpenuhi.
(heru sudrajat).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.