CV Maharani Ambil Alih Penyelenggaraan Event Sungailiat Triathlon 2018

Lokal Seremonial

Forumkeadilanbabel.com, Sungailiat – Event Sungailiat Triathlon, Sabtu (21/4/2018) kembali digelar. Event Sungailiat Triathlon  yang diselenggarakan sejak tahun 2013 merupakan event yang ke enam di tahun 2018 ini.
Sungailiat Triathlon 2018 ini juga adalah event sport tourism yang ditunggu-tunggu oleh Komunitas Triathlon di Indonesia bahkan  mancanegara.
Pelaksanaan event Sungailiat Triathlon 2018 sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Penyelenggaraan tahun ini diambil alih oleh pihak ketiga. Meski demikian Pemkab Bangka tetap masih memberikan suport dalam hal pemberian hadiah kepada para pemenang.

Demikian disampaikan Agung sebagai EO dari CV Maharani bahwa event Sungailiat Triathlon pada tahun 2018 ini berbeda daripada tahun sebelumnya yang semua penyelenggaraannya ditanggung oleh pemerintah daerah.

“Tahun ini pemkab bekerjasama dengan kami sebagai EO dimana pelaksanaan tidak ditanggung pemerintah. Pihak pemerintah hanya memyediakan hadiah,  tropy dan pendukung lainnya. Namun dibandingkan event Triathlon lainnya seperti Bali Triathlon dan Bintang kita paling murah,” ungkap Agung dalam konfrensi pers bersama Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka Teddy Sudarsono, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Asep Setiawan, Panitia Penyelenggara Sungailiat Triathlon Indrata Yuzaka, Pimpinan Tanjung Pesona Thomas Jusman dan Perwakilan Peserta Sungailiat Triathlon di hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Kamis (19/4/2018).

Agung mengakui biaya pendaftaran mengikuti Sungailiat Triathlon di tahun 2018 ini sedikit lebih tinggi dari pelaksanaan sebelumnya yakni berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per orang.

Dari sekitar 520 peserta tersebut dia memperkirakan uang yang diperoleh dari biaya pendaftaran sekitar Rp 500 juta lebih. Namun dari uang pendaftaran tersebut peserta sudah mendapatkan makan dua kali, snack dan berbagai fasilitas dan perlengkapan lomba.
“Berbeda dengan di tempat lain. Kalau di tempat lain seperti Bali Triathlon atau di Bintang soal makan tidak ditanggung panitia,” tutupnya.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka Teddy Sudarsono menambahkan, Sungailiat Triathlon merupakan event sport tourism pariwisata yang dipadu dengan olahraga renang, bersepeda dan lari yang berlokasi di Sungailiat ini akan melewati berbagai obyek wisata. Diantaranya Pantai Tanjung Pesona, Puri Tri Agung, Pantai Air Anyir dan jalan utama Kota Sungailiat. “Lintasan lomba menonjolkan keindahan alam yakni area yang diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di Kabupaten Bangka,” kataTeddy

Kegiatan Sungailiat Triathlon, kata Teddy dilaksanakan untuk memperingati HUT Kota Sungailiat yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Bangka dan secara global turut mensukseskan capaian target kunjungan wisata secara nasional.
“Rute sepeda kita di Sungailiat Triathlon menjadi rute sepeda terbaik di kawasan Asia Tenggara,” ujarnya.

Dikatakannya peserta yang mengikuti Sungailiat Triathlon 2018 ini sebanyak 520 peserta dari 18 negara yang didominasi oleh peserta dari Indonesia sebanyak 469 peserta dengan 51 atlet mancanegara yakni dari Algeria, Australia, Denmark, Ethiopia, Perancis, Jerman, Hungary, India, Jepang, Malaysia, Belanda, New Zealand, Portugal, Rusia, Spanyol, Inggris dan Amerika.

Kepala Dinas  Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka,  Asep Setiawan menambahkan penyelengaraan Sungailiat Triathlon pada tahun 2018 ini Pemkab Bangka mengandeng CV Maharani sebagai Event Organizer.

Menurut Asep, hal ini dikarenakan anggaran Pemkab Bangka untuk dana Sungailiat Triathlon sudah berkurang dibandingkan tahun tahun sebelumnya namun meskipun demikian acara agenda tahunan ini dan sudah menjadi brand kota Sungailiat harus tetap dilaksanakan dan pihak EO pun membantu mencarikan sponsor untuk pelaksaanaan Sungailiat Triathlon.

“Kita tetap mensupport dukungan finansial dalam hal ini untuk penyedian hadiah, pelatihan marshal dan road show untuk publikasi.Untuk promosi di media dibantu dari pihak pemerintah provinsi,” jelasnya.

Untuk perizinan penyelenggaraan Sungailiat Triathlon tahun 2018 diungkapkan Asep sudah mendapatkan izin langsung dari Mabes Polri.

“Untuk perizinan sudah dikeluarkan oleh Mabes Polri. Direct impact kunjungan wisatawan manca negara ke Bangka ini ada tiga event  yakni Sail Indonesia, Sungailiat Triathlon dan Bangka Culture Wave yang kemarin di Tongaci,” ungkap Asep.

Bahkan kata Asep untuk konfrensi olahraga pariwisata tingkat nasional ada enam event yang diundang dan salah satunya Sungailiat Triathlon yang telah disejajarkan dengan Tour De Singkarak dan Bali 10 K.

Sementara itu Thamos Jusman selaku pimpinan Tanjung Pesona Resort and Spa mengaku merasa senang  Sungailiat Triathlon menggunakan Tanjung Pesona Resort dan Spa sebagai venunya.

Pertumbuhan ekonomi melalui kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bangka ini menurut Thomas sudah mencapai  20 sampai 30 persen.

“Peserta Sungailiat Triathlon ini akan menjadi duta wisata kita karena dari event Sungailiat Triathlon ini nantinya mereka akan menceritakan kepada kerabat, teman maupun keluarga mereka selama mengikuti event ini sehingga akhirnya mereka tertarik datang ke Bangka,” kata Thomas di sela konfrensi pers kemarin.

Selaku Pengurus Konsersium KEK Pantai Timur Sungailiat Thomas meyakinkan jika KEK pariwisata di Bangka ini terwujud maka Bandara Depati Amir nantinya bisa menjadi bandara internasional.

“Maka akan lebih banyak lagi wisatawan yang datang, termasuk untuk mengikuti Sungailiat Triathlon.
Ini nantinya akan menjadi magnet pariwisata kita,” kataThomas meyakinkan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.